Mimpi sang bocah

15 Apr 2012

Setiap anak pasti punya cita-cita.

Kebanyakan anak ketika ditanya apa cita-citamu?

Dan jawabannya adalah dokter atau insinyur. Seperti juga yang pernah ditulis oleh Mbak Imelda tentang cita-cita. Perbedaan jawaban antara anak Indonesia dan anak-anak Jepang ketika ditanya apa cita-citanya. Dan aku cukup tercengang ketika anak-anak jepang ditanya apa cita-citanya,jawabannya adalah ingin menjadi Atlit atau pembuat roti/kue.

Hhmmm..aku jadi teringat akan anakku Rafi.

Rafi ketika mengikuti lomba calistung

Ketika berusia 4 tahun setiap kita tanya apa cita-citanya,Rafi selalu bilang

ingin menjadi Polisi/Tentara

Cita-cita ini tercetus ketika saat TK harus mengumpulkan foto keluarga,dan salah satu temannya membawa foto dimana fotonya papahnya yang berprofesi sebagai Polisi menggunakan baju seragamnya. Saat itu dia berujar

Mahpapahnya Sultan gagah deh pake baju Polisi

Cita-citanya ini berubah ketika dia berumur 5 tahun dengan tiba-tiba berujar

Mah Rafi cita-citanya ganti ah mau jadi Tukang Sampah!

*gubrak!!!*

Asli aku kaget ketika dia mengatakan itu,lalu aku tanya kenapa, jawabannya

Kan tukang sampah itu kerjanya membersihkan sampah-sampah yang kotor,itu perbuatan yang terpuji mah!

Hihihi.pemikiran sederhana untuk bocah di usia 5 tahun.

Kami adalah keluarga yang senang nonton film,di dalam lemari kami tersimpan koleksi-koleksi film kita masing-masing.

Film-film disimpan terpisah, ada koleksi film papahnya Rafi yang semuanya film action,ada koleksi aku yang semuanya drama Korea dan Indonesia,dan koleksi Rafi yang semuanya film kartun ataupun film tentang balap mobil.

Nahketika Rafi berusia 5 sampai 6 tahunan,dia pernah menonton film Ratatouille.

gambar pinjem dari om google

gambar pinjem dari om google

Film yang menceritakan tentang seekor tikus bernama Remi yang sangat pandai memasak ,dia terdampar dan muncul diatas ketinggian di satu kota yang sangat indah,nama kota itu adalah Paris. Dimana dalam film itu diperlihatkan menara Eiffel dan keindahan kota Paris dengan lampu-lampu yang membuat mata anakku terpukau. Pada saat itu dia bertanya Paris itu ada dimana,jauh gak dari rumah Rafi,kalau mau kesana harus pakai kendaraan apa,ongkosnya mahal atau tidak. Aku dan suami dicecar pertanyaan-pertanyaan dia yang ingin tahu sekali mengenai kota Paris. Lalu aku perlihatkan peta dunia dan aku jelaskan sedetil-detilnya sampai jawaban kalau mau kesana harus pakai pesawat terbang,dan dia tanya setelah pakai pesawat terbang untuk sampai ke menara Eiffel harus pakai kendaraan apa,berapa kali ganti mobil dan aku sempat kebingungan dengan cecaran pertanyaan dia dan bergumam dalam hati

Rafiiiiii..mamah belum pernah kesonooooo..!

Semenjak itu dia mempunyai mimpi berada di kota Paris,setiap dia melihat lampu-lampu di malam hari dia selalu berujar

Mah.kayak di Paris

Dan aku tahu dibalik omongannya itu ada sebuah mimpi besar tentang kota Paris,sampai-sampai pada saat bangun tidur di pagi hari dia bercerita

Mah.Rafi mimpi ada di Paris

Sebuah mimpi yang kedengarannya sederhana yang hanya diucapkan oleh anak berusia 6 tahun,tapi bagiku itu adalah sesuatu yang besar dan menohok hatiku lalu aku mengatakan

mudah-mudahan nanti Rafi bisa ke Paris ya.

Karena keinginannya itu,lalu aku ngobrol dengan suami dan suami mempunyai ide untuk membawa Rafi ke Dago atas. Nama daerah di kota Bandung juga,dimana Dago ini berada di dataran tinggi. Kota ini salah satu tempat favorite bagi para wisatawan,disini banyak caf-caf dengan pemandangan yang indah,udaranya dingin. Dan dari sini kita bisa melihat pemandangan kota Bandung dimalam hari dengan cahaya-cahaya lampu yang memang kalau digambarkan terlihat seperti kota Paris yang Rafi lihat di film tersebut. Ketika aku ajak kesini Rafi betul-betul takjub dan berteriak

Mah.Rafi ada di kota Paris!

Tapi mana menara Eiffelnya mah.?

Aku dan suami hanya tertawa dan kami berbisik

Iya Fi,ini kan hanya kota Paris Van Java

Hihihi..

Setelah mimpinya tentang kota Paris itu,Rafi menonton juga film Cars.

gambar ini juga pinjem dari om google

gambar ini juga pinjem dari om google

Di film ini menceritakan tentang sebuah mobil balap yang bernama McQueen,ketika akan balapan ke California dia berada di dalam mobil truk yang bernama Max dan dalam scene itu diperlihatkan jalan tol yang menuju California dengan backsound lagu yang sangat pas membuat anakku terpukau lagi dengan keindahannya. Dan seperti halnya dengan keingintahuannya tentang kota Paris,dia pun mencecarku dengan pertanyaan seputar California. Dan lagi akupun menjawab pertanyaan-pertanyaannya yang sangat mendetil.

Mimpi tentang California pun ada dalam benak Rafi. Dan untuk mewujudkan impiannya itu sangat sederhana, aku hanya membawanya ke jalan tol dan bilang sama kayak di California kan..?dan dia menjawab

Aaaah..mamah papah bohong ini bukan California

Hahaha..

Di usia 7 tahun Rafi menonton film Fast and Furious Tokyo Drift.

gambar ini juga pinjem dari om google

gambar ini juga pinjem dari om google

Film ini sebenarnya bukan film kartun tapi secara tak sengaja dia nonton di TV. Film ini menceritakan tentang anak SMA yang bernama Sean dia tinggal di Amerika karena sering balapan mobil,ibunya memutuskan untuk mengirim anaknya ke Tokyo dimana ayahnya tinggal. Tapi di Tokyo pun dia berteman dengan orang-orang yang senang balapan mobil juga. Dan di film tersebut diperlihatkan kota Tokyo dengan arena-arena balapan mobilnya.

Dan lagi-lagi pula Rafi terpikat dengan kota Tokyo,seperti halnya kota Paris dan California,semua hal mengenai kota Tokyo dia tanyakan. Dan ketika gempa di Jepang setahun kemarin Rafi yang ribut sendiri dan sangat intens melihat berita tentang Jepang.

Mungkin karena sudah besar ,pertanyaan-pertanyaan tentang kota-kota impiannya pun semakin kritis.

Mah.Rafi pengen sekolah di Paris,California,Tokyo !

kalau sekolah disana mahal donk sayang

Mahal gitu,emang berapa Mah..?

hhmm.bisa berjuta-juta sayang lalu dia merenung dan berujar kembali

ya.Rafi gak bisa kesana donk? Dia terlihat sedih sekali.

Tapi kesana bisa gratis lho

Haahiya mah gimana caranya? Rafi terlihat sumringah ketika aku bilang gratis.

Bisa donk kalau Rafi pinter lalu terpilih pertukaran pelajar ke luar negeri,atau dapat beasiswa,nah.sekolahnya bisa gratis deh

Dia terlihat diam dan berpikir

Jadi Rafi harus pinter donk?

ya iya harus pinter,bahasa inggrisnya juga harus pinter

Bahasa inggris Rafi bisa mah! What is your name?…tuh bisa kan ?

Aku tersenyum mendengar ucapannya

yagak cukup segitu sayang,Rafi harus bisa ngobrol dalam bahasa inggris

Beberapa hari kemudian dia memintaku untuk ikutan les B.Inggris dia bilang biar Rafi pinter B.Inggris lalu akaupun memasukannya ke salah satu tempat les B.Inggris dan sekarang ini dia sedang excited belajar B.Inggris.

Ada satu percakapan yang membuat aku terharu dan sempat menitikkan airmata

Mahpokoknya Rafi pengen bisa pergi ke Paris,California,sama Tokyo mah!

iya sayang insyaallah ya aku menjawab lirih

Tapi Rafi kesananya mau gratis biar mamah papah gak usah ngeluarin uang,Rafi mau pinter biar dapet beasiswa mah

Aku memeluknya erat tak terasa airmataku berlinang,aku terharu,terharu akan ucapannya,terharu akan mimpinya dan terharu akan jawaban polos dia tentang belajar keluar negeri.

Bocah kecilku yang dahulu untuk bertahan hidup pun dia harus berjuang,yang untuk menghabiskan nasi 1 piring pun membutuhkan waktu 2 jam,memiliki mimpi yang begitu besar. Mimpi akan masa depannya,mimpi akan kota-kota impiannya.

Walaupun mimpi itu diucapkan oleh anak usia 7 tahun,tapi aku sebagai ibunya ingin sekali mewujudkan mimpi-mimpi itu. Dalam setiap nafas dan doaku aku selalu berdoa agar kami orangtuanya bisa mewujudkan mimpi-mimpi Rafi. Entah apa dan bagaimana caranya,sampai sekarang pun aku masih bingung mencari caranya tapi mudah-mudahan di setiap doa yang aku panjatkan,Allah mendengar doa-doa itu dan mengabulkan dari yang tidak mungkin menjadi mungkin.

Aku berharap tulisan ini suatu hari bisa Rafi baca. Bahwa dia punya mimpi yang besar untuk anak seusianya,bahwa ada orangtua yang mempunyai keinginan kuat untuk mewujudkan mimpi-mimpinya. Dan saat Rafi membaca tulisan ini aku berharap dia SUDAH mewujudkan semua mimpi-mimpinya dan menjadi anak yang suksesAmien.

Kemarin ini dengan berlari-lari kecil Rafi masuk ke rumah dan berteriak

Maaah,minta uang 2 ribu

Buat apa?

Untuk parkir di hatimu.!

Halaaaaaaaaahhhh!!!!

Gubraaaaaaaaks.!!!!

*oke yang ini memang gak nyambung,sekedar intermezo ajahehe*


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post