Perjuangan di masa-masa kehamilan

9 Mar 2012

Cerita ini bermula ketika gw menikah pada tanggal 2-2-2002,pada saat gw bersama suami merencanakan pernikahan, kami berkomitmen untuk menunda kehamilan paling lama 1 tahunan ,alasan kami pada saat itu pertama karena pengen puas-puasin berdua,kedua karena kami berpendapat kalau kita sudah mempunyai anak berarti terlebih dahulu kita harus siap secara materi, setidaknya kita sudah punya rumah sendiri. Jadilah gw selama 1 tahun menunda kehamilan. Setelah 1 tahun, gw sama suami merasa sudah siap untuk mempunyai anak,mulailah kami program mempunyai momongan. Tapi tunggu punya tunggu,hari berganti,bulan berganti apa yang gw idamkan belum terwujud,setiap bulan penantian itu selalu ada,mulai deh gw harap-harap cemas. Tau dong bagaimana rasanya penantian itu,apalagi posisi perempuan yang terkadang banyak pandangan miring kalau sudah menyangkut kehamilan yang tak kunjung datang. Keluarga mulai bertanya,teman kantor,masyarakat sekitar yang terkadang gw cape untuk menjawabnya. Gw pun mulai browsing-browsing tentang cara cepat hamil . Untuk menjawab rasa kepanasaran,gw dan suami mulai berkonsultasi ke dokter kandungan tapi setelah diperiksa tidak ada yang salah dengan kita berdua semuanya normal. Dokter hanya menyatakan belum waktunya bu, sabar aja ya ! pada saat itu gw cuma bisa manggut-manggut padahal dalam hati negatif gw bergumam dokter enak ngomong kayak begitu,lha gw yang pusing tujuh keliling dengan pertanyaan orang-orang! hihihi.. *padahal omongan dokter gak ada yang salah ya? Mungkin karena dokter melihat gw yang manggut-manggut gak jelas akhirnya dokter memberikan obat penyubur,nahmulai deh gw bisa tersenyum dan pulang dengan harapan mudah-mudahan bulan depan positif.


Bulan berikutnya apa yang gw nantikan belum terwujud juga,apalagi ketika salah satu keluarga membawa gw ke salah satu pengobatan alternatif . And you know what he say ? dia bilang gw mandul !! WHAAATTTT ?? untuk sepersekian detik gw bengong gak tau harus ngomong apa apalagi gw datang dengan keluarga semakin menambah beban mental gw, gw lirik semua mata satu persatu dimulai dari suami semuanya menatap gw dengan tatapan yang menurut hati gw pada saat itu seperti yang mengasihani gw,mungkin itu cuma perasaan gw aja sih. Ketika berjalan pulang ke rumah suami berusaha untuk menghibur dan mengatakan kalau semua itu belum tentu benar,udah gak usah dipikirin,dokter bilang kan normal-normal saja,kita pegang aja omongan dokter itu kata-kata yang terlontar dari mulut suami yang entah sesuai dengan kata hatinya atau dia pun sedang menghibur dirinya sendiri.

Setelah 1 tahun berlalu,gw inget banget pada saat itu sepulang bekerja, lho kok ada flek ?,setelah gw inget-inget ternyata gw sudah telat 2 H *biasanya siklus haid gw tepat terus,gw bertanya kepada kakak gw yang kebetulan waktu itu sedang ke rumah,terus kakak bilang teteh juga dulu waktu positif ada flek dulu,coba periksain ke dokter! akhirnya dengan perasaan malu karena baru telat 2H gw periksain ke dokter,setelah di USG dokter mengatakan kalau melihat dari bentuk rahimnya sudah ada pembengkakan yang merupakan tanda-tanda kehamilan,tapi belum terlihat gumpalan si jabang bayinya. Lalu dokter memberikan obat penguat mudah-mudahan memang benar-benar hamil. Hari berganti dan gw gak haid-haid ! setelah telat 2 minggu gw periksa lagi ke dokter kandungan Alhamdulillah gw positif hamil ! gumpalan si jabang bayinya sekarang sudah mulai terlihat, duuuh betapa senangnya hati gw sama suami,kalau gak inget malu ingin sekali gw jingkrak-jingkrak pada saat itu juga. Akhirnya setelah sekian lama gw harus menjawab pertanyaan dari orang-orang apalagi setelah ada yang mengatakan kalau gw mandul,gw bisa membuktikan juga kepada keluarga,teman ataupun orang-orang disekitar gw kalau memang tidak ada yang salah dengan diri gw.

Selama 3 bulan kehamilan pertama Alhamdulillah gw tidak mengalami masa-masa ngidam yang ekstrim,semuanya berjalan lancar walaupun ada mual-mual sedikit tapi masih bisa gw atasi. Morning sickness yang melanda sebagian wanita hamil tidak terlalu mengganggu,setiap pagi gw masih bisa beraktifitas,sarapan,berangkat kerja,pokoknya sholeh deh bayinya. Hanya saja ketika memasuki bulan keempat, tiba-tiba gw sakit panas. Panik dong gw apalagi dengan kondisi gw yang sedang hamil kan kita tidak bisa minum obat sembarangan,suami memutuskan untuk membawa gw ke RS dan alhasil gw harus dirawat selama 5H di RS. Pada saat itu perasaan gw takut banget,apalagi gw harus mengkonsumsi obat, walaupun dokter pastinya sudah memberikan obat yang cocok dan sesuai untuk ibu hamil, tapi tetap saja perasaan takut bisa berdampak apa-apa pada bayinya muncul juga. Gw sama suami cuma bisa berdoa semoga Allah masih mempercayakan kami untuk mempunyai anak. Setelah seminggu akhirnya gw sembuh dan dokter mendiagnosa ada virus,itu saja.

Setelah masa-masa sakit itu gw mulai berhati-hati untuk mengkonsumsi apapun yang masuk ke perut gw,tapi memang ada jeleknya selama masa kehamilan gw gak bisa minum susu untuk ibu hamil,rasanya itu bikin mual, semua merk sudah gw coba tetap saja perut ini menolak padahal sebelum-sebelumnya gw termasuk orang yang rajin mengkonsumsi susu.

Bercerita tentang ngidam makanan apa yang gw inginkan,gw ngidam makan kepala kakap *padahal gw belum pernah makan kepala kakap. Bersama suami gw susuri setiap rumah makan padang,karena tidak setiap rumah makan padang menyediakan kepala kakap. Akhirnya setelah mendapatkan kepala kakap gw makan tuh kepala dengan lahapnya *padahal sumpah gw paling anti dengan namanya ikan laut.hihihi bener-bener nih ngidam bisa merubah semua kesenangan dan kebiasaan kita. Ada satu lagi, gw ngidam pengen getuk magelang yang warna-warni itu lho,enak banget rasanya kayak permen. Kebetulan di tempat kerja dulu ada ekspedisi yang setiap minggu suka keliling jawa,gw titip deh minta tolong dibelikan getuk magelanghehe.

Masa-masa kehamilan yang tadinya sudah baik-baik saja,berubah ketika kehamilan gw memasuki bulan ke 7,5. Gw SAKIT PANAS LAGI ! OMG apalagi ini ? setelah diperiksa lebih teliti ternyata gw didiagnosa sakit typus,sepertinya ketika gw sakit panas dan sampai diopname itu, kayaknya sakit typus dan sekarang gw kambuh lagi. 1 minggu kemudian gw masih belum sembuh juga,dan ada satu kejadian yang gak pernah gw lupakan, pada saat itu gw di rumah sendirian kebetulan suami sedang bekerja,ketika ke kamar mandi gw kaget sekaget-kagetnya ada flek ! Ya Allah langsung gw menangis panik,gw telepon kakak minta anter ke RS dan lagi-lagi gw harus dirawat di RS. Dokter memberikan infus untuk menguatkan kehamilan,ketika di USG dokter mengatakan kalau lebih bagus kelahirannya bisa ditunda karena usia kandungan gw memasuki bulan ke 8 yang katanya muda kembali *kalau gak salah yang gw tangkap seperti itu. Fungsi-fungsi organ tubuh bayinya pun seperti paru-paru belum kuat. 3 H gw dirawat di RS, gw mengalami kontraksi,selama 3H gw tahan dan gak gw omongin baik ke suster ataupun ke suami sekalipun,gw bener-bener takut ! tapi ketika kontraksinya sudah setiap setengah jam sekali baru gw ngomong sama suami dia kaget, ketika diperiksa dalam gw sudah pembukaan 3. Pada saat itu gw juga heran bersamaan dengan sedang panas-panasnya gw masih bisa menahan kontraksi selama 3H, pun ketika gw sedang melahirkan gw harus disuntik penurun panas terlebih dahulu karena waktu itu panas gw sampai 39 lebih plus gw tidak makan selama 2H. Akhirnya pada tanggal 28 September 2004 pukul 10.56 lahirlah putera kami berdua proses kelahirannya normal dengan berat 2,2 kg panjang 49 cm,lahirnya sungsang dengan pantat terlebih dahulu. Entah kekuatan darimana gw bisa melahirkan dalam kondisi seperti itu tapi Alhamdulillah keduanya bisa selamat dan normal.

Sekarang anak gw sudah berumur 7,5 tahun sudah duduk kelas 2 SD,Alhamdulillah anaknya lincah dan aktif. Itulah pengalamanku di masa-masa kehamilan,semua perjuangan,kesabaran dan doa itu membuahkan kebahagiaan yang sukar gw lukiskan,mudah-mudahan anakku tumbuh menjadi anak yang sholeh,baik hati,pinter dan bisa membanggakan kedua orang tua,amien.


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post